Minggu, 17 November 2013

study tour ke jogja


STUDY TOUR SMA N 1 PAKEL
TAHUN 2012

KE YOGYAKARTA & JAWA TENGAH

XI IPS 4
KIKI PRATIWI(14)
LELY KURNIAWATI(16)
MEY SUPRAMPITO(18)
RENDRA MEGAWANTA(27)


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT atas rahmat ,taufik,serta hidayah-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan makalah berjudul”STUDY TOUR SMAN 1 PAKEL TAHUN 2012”.
Dalam penyusunan makalah ini kami memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada:
·         Drs.Wdyo Soelaksono selaku kepala UPTD SMAN 1PAKEL
·         Drs.Supriyanto selaku waka kesiswaan
·         Bpk .H.Kamali,selaku guru pembimbing Bahasa Indonesia.
·         Bpk.Ahmad Khoirul Anam,S.Ag selaku wali kelas XI IPS 4
·         Serta kedua orang tua yang telah turut membantu dan memberi motivasi kepada kami.
·         Dan teman –teman kelas XI IPS 4 yang telah banyak membantu.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan –kekurangan . Oleh karena itu ,kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun . Akhir kata kami berharap makalah ini dapat bermanfaat  bagi kita semua.
Terima kasih.

Penyusun
Tulungagung








PROFIL PENYUSUN
NAMA                     : KIKI PRATIWI            
NAMA PANGGILAN  : EMPLUM
 KELAS                   :XI IPS 4                                        
NAMA                        :LELY KURNIAWATI
NAMA PANGGILAN      :PLOMPONG
KELAS                        :XI IPS 4

NAMA                         :MEY SUPRAMPITO
NAMA PANGGILAN       :MONCHI
KELAS                         :XI IPS 4
NAMA                          :RENDRA MEGAWANTA
NAMA PANGGILAN        :SAGRAM
KELAS                          :XI IPS 4

GENK MESLEK
MONCHI EMPLUM SAGRAM LELY KIKIM



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Yogyakarta pada masa kini merupakan tempat tradisi dan dinamika modern berjalan secara berdampingan . Di Yogyakarta ada Kraton dengan banyak abdi dalem yang setia menjalankan tradisi,namun di sebelah utara ada taman pintar yang sangat mendidik anak-anak maupun orang dewasa dengan pengetahuan teknologi yang terkini dan canggih.Di sebelah baratnya terdapat pusat perbelanjaan yang terkenaldi Yogyakarta dengan pedagang yang ramah yaitu jalan malioboro. .Di ujung utara kabupaten Bantul juga terdapat Museum Dirgantara Mandala yang banyak menampilkan sejarah kedirgantaraan bangsa Indonesia serta sejarah perkembangan Angkatan Udara Republik Indonesia pada khususnya .Yogyakarta yang dikatakan sebagai kota pendidikan memiliki universitas yang terbaik se asia tenggara yaitu universitas gajah mada.Di bagian selatan Yogyakarta juga dapat menemukan banyak pantai dan pantai yang paling terkenal adalah pantai parang tritis dengan legenda nyi roro kidul.Jadi kombinasi yang unik antara candi-candi kuno ,sejarah,tradisi ,ilmu pengetahuan dan kekuatan alam menjadikan wisata jogja sangat menarik dengan sangat layak untuk dikunjungi.
 Selain itu candi Borobudur yang merupakan warisan dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah juga wajib untuk di kunjungi .

1.2 TUJUAN
Dari study tour ini diharapakan siswa-siswi SMAN N 1 PAKEL mendapatkan wawasan meliputi kebudayaan ,sejarah,ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat di Yogyakarta maupun di Magelang,Jawa Tengah.

1.3 MANFAAT
Mengetahui akan kebudayaan ,sejarah ,ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah berkembang di Yogyakarta maupun Jawa Tengah .Yang sangat berguna untuk menambah wawasan siswa-siswi SMA N I PAKEL kelas XI IPA maupun  IPS khususnya.




BAB 2
PEMBAHASAN ISI
2.1  TEMPAT WISATA YANG DI KUNJUNGI
·                 PARANG TRITIS  
Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. Air panas dari parang wedang dialirkan ke pantai parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak
Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. selain itu juga parangtritis sebagai tempat untuk olahraga udara/ aeromodeling.

FOTO-FOTO DI PARANG TRITIS


·                 KERATON YOGYAKARTA
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.
Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton merupakan sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman].
Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah pada tahun 1995 Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.
FOTO –FOTO DI KERATON YOGYAKARTA



·                  MUSEUM DIRGANTARA MANDALA
Museum ini terletak di ujung utara Kabupaten Bantul perbatasan dengan Kabupaten Sleman tepatnya di komplek Pangkalan Udara TNI-AU Adisucipto Yogyakarta. Museum ini banyak menampilkan sejarah kedirgantaraan bangsa Indonesia serta sejarah perkembangan angkatan udara RI pada khususnya. Selain terdapat diorama juga terdapat bermacam-macam jenis pesawat yang dipergunakan pada masa perjuangan. Beberapa model dari pesawat tersebut adalah milik tentara jepang yang digunakan oleh angkatan udara Indonesia
Bangunan, Gedung Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ditempati sekarang adalah bekas pabrik gula Wonocatur pada zaman Belanda, sedangkan pada zaman Jepang digunakan untuk gudang senjata dan hanggar pesawat terbang.
Koleksi, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala memamerkan benda-benda koleksi sejarah, antara lain : koleksi peninggalan para pahlawan udara, diorama, pesawat miniatur, pesawat terbang dari negara-negara Blok Barat dan Timur, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom atau roket, parasut dan patung-patung tokoh TNI Angkatan Udara.



FOTO-FOTO DI MUSEUM DIRGANTARA MANDALA







·                  CANDI BOROBUDUR
Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu "biara di perbukitan". Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO

FOTO-FOTO DI CANDI BOROBUDUR

·                  UNIVERSITAS GAJAH MADA
Universitas Gadjah Mada (bahasa Inggris: Gadjah Mada University), disingkat UGM, merupakan universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Didirikan pada 19 Desember 1949, Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka.
Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

·                  TAMAN PINTAR
Taman Pintar terletak di Jl Panembahan Senopati No 1-3, Taman Pintar Yogyakarta mulai menarik minat banyak orang. Begitu memasuki pintu gerbang, kita langsung disambut oleh area yang disebut sebagai Playground Arena. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga di masing-masing sisinya. Air akan menyembur dari masing-masing tiang tersebut hingga membentuk sebuah koridor air. Namun sayang, koridor ini hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu saja. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan "Gong perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)". Di sekeliling gong tersebut nampak logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.Secara keseluruhan, Taman Pintar ini cukup representatif dan cukup mendidik, sehingga layak menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak.
Jadwal Buka
Selasa - Jumat pk 09.00 -16.00 WIB
Sabtu - Minggu pk 08.30 - 20.00 WIB
Senin tutup (kecuali hari libur nasional dan musim liburan sekolah)

Harga Tiket
Playground: gratis
Gedung PAUD: Rp 500 / anak (2-7 tahun)
Gedung Oval & Kotak: Rp. 5.000 / anak, Rp. 10.000 / dewasa
Gedung Memorabilia: Rp. 1.000 / anak, Rp. 2.000 / dewasa
Teater 3D: Rp. 15.000 / orang
·                  JALAN MALIOBORO
Jalan Malioboro adalah nama salah satu jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.
Terdapat beberapa obyek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.
Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para Seniman-seniman-seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan lain-lain disepanjang jalan ini.

BAB 3
KESIMPULAN
3.1 KESIMPULAN
Dari study tour ini dapat disimpulkan bahwa kota Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang tidak hanya bagus namun juga mendidik seperti halnya taman pintar yang memberikan pengetahuan tentang ilmu teknologi terkini.Keraton Yogyakarta yang masih menjalankan tradisi budaya jaman dulu yang perlu di lestarikan.Museum Dirgantara Mandala yang menampilkan sejarah penerbangan Indonesia dari jaman dulu yang perlu di pelajari .Tidak hanya Yogyakarta yang memiliki wisata yang bagus namun Magelang ,Jawa Tengah  juga memiliki wisata yang bagus yaitu Candi Borobudur yang merupakan keajaiban dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar